Tips Lulus Ujian Pendadaran

Ujian pendadaran terkadang dirasa berat oleh mahasiswa semester akhir, karena dalam ujian ini mereka (mahasiswa.red) diwajibkan untuk mempresentasikan dan bertanggung jawab atas karya ilmiah yang telah mereka buat untuk diujikan di depan penguji. Sebenarnya dalam ujian pendadaran, modal yang kita butuhkan adalah rasa percaya diri dan menguasai isi dari karya ilmiah yang kita buat tadi. Tentulah kita menguasai isi dari karya ilmiah kita apabila kita sendiri yang membuat karya ilmiah itu. Pastinya ada perbedaan dengan orang lain yang karya ilmiahnya di alih tanggung jawab alias dibuatkan sepenuhnya oleh orang lain. Nah, untuk memberikan gambaran dalam ujian pendadaran, disini saya memiliki tips dalam menghadapi ujian pendadaran… penasaran?????? langsung aja deh…

Tips Lulus Ujian Pendadaran

  • Pertama, pastikan anda meminta restu dan doa orang tua sebelum melaksanakan ujian pendadaran. Karena restu dan doa orang tua kita sangat mujarab…. (menurut saya)
  • Persiapkan dan cek semua peralatan dan bahan yang akan digunakan dalam ujian pendadaran, seperti slide presentasi, buku acuan, laptop, dsb
  • Pelajari dan kuasai karya ilmiah anda, serta kenali lebih dekat dosen penguji anda (anda dapat menanyakan hal ini kepada kakak angkatan yang sebelumnya telah menjalani ujian pendadaran)
  • Kuasai METODOLOGI PENELITIAN yang anda pakai dalam penelitian.
  • Nah, yang terakhir ini mungkin dapat membantu. Pelajari pertanyaan yang biasanya “sering” ditanyakan dalam ujian, seperti :
  1. Jelaskan secara ringkas penelitian saudara! (” cttn : jelaskan dengan ringkas, jangan panjang lebar”)
  2. Jelaskan latar belakang permasalahan dalam penelitian saudara?
  3. Sebutkan populasi dan sampel saudara atau objek dan subjek saudara?
  4. Bagaimana saudara menentukan sampel penelitian?? dengan teknik apa?
  5. Jelaskan jalannya penelitian saudara!

Nah, mungkin kurang lebihnya seperti itu.. untuk pertanyaan selanjutnya berkaitan dengan permasalahan yang anda teliti. Sekali lagi, persiapkan dengan matang jika anda ingin mengajukan untuk Ujian Presentasi, berusahalah dengan sungguh-sungguh dan percayalah dengan kemampuan kita sendiri bahwa kita bisa meraih yang terbaik…..

Ok Ok….

About these ads

7 Komentar

  1. dhieliem said,

    Januari 10, 2011 at 5:27 pm

    Mas, kalo mau lulus yang gampang tapi gak bikin TA gimana ya caranya? hehehe…

  2. prisai said,

    Januari 11, 2011 at 4:05 pm

    haha, bisa saja lulus ga pake TA… tapi diganti dengan SKRIPSI, ^_^

  3. dhieliem said,

    Januari 19, 2011 at 12:25 am

    welah..itu mah nama lain dari TA! :p

  4. prisai said,

    Januari 21, 2011 at 12:31 pm

    Lho… bukan lah bung…. TA, Skripsi dan Desertasi tu berbeda… Kalo nama lain kan merujuk pada dua hal yang sama tho…

  5. haderkalteng said,

    Februari 1, 2011 at 1:58 pm

    Sai nanya nih…kalau TA dah siap tuk di dadar…persiapan mental dn sipiritual dah mantap. tapi tetap aja ada perasaan takut, gugup, garogi, was2 jangan2 q ga bisa jawab banyak pertanyaan penguji. gai mana cara menghilangkan atau ngurangi perasaan tsb, agar penampilan pada hari hal tetap mantap………….maksih jawaban y..by hader kalteng

    • anne said,

      Mei 21, 2011 at 2:05 pm

      lha pak hader???? kok di dadar???? kaya telur ja!!!

  6. prisai said,

    Februari 1, 2011 at 2:26 pm

    hahaha, itu mudah pak….. Percaya Diri yang dibutuhkan pak… Kalo persaan takut dan gerogi pastinya selalu ada. Meskipun dia orang yang sudah ahli dan biasa presentasi di depan, pasti ada rasa gugup gtu, itu udah bawaaan manusia…^_^
    intinya kita bisa, dan Percaya Diri


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: