Do you know about “Pendadaran”?

PENDADARAN…hmmm, mungkin bagi setiap mahasiswa yang akan maju untuk mempresentasikan hasil penelitiannya akan takut dan gelisah mendengar kata-kata pendadaran. Entah kenapa rasa takut n gelisah selalu muncul setiap mendengar kata itu…
Mari kita buka secara deskriptif apa sich pendadaran itu…. Pendadaran sebenarnya adalah ujian, dimana kita akan diuji oleh dosen penguji kita untuk menerangkan apa yang telah kita dapatkan dari hasil penelitian… Pendadaran itu bukan untuk menjatuhkan kita, melainkan mengecek apakah kita benar-benar sudah siap n sudah menguasai tentang apa yang sudah kita teliti….
Kalau menurut pengertian yang tidak jelas sumbernya, hehehe… Pendadaran itu terdiri dari “dadar” dimana kata tersebut adalah proses perubahan dari telur yang masih mentah menjadi telur dadar yang memiliki rasa dan dapat disantap. Sama halnya dengan penelitian kita… kalau penelitian kita tidak diujikan atau di dadarkan maka penelitian tidak dapat dirasakan dan diketahui atau digunakan oleh orang lain. Oleh karena itu dalam pendadaran ini terjadi proses penyempurnaan dari apa-apa yang masih kurang dari penelitian kita..
kita juga perlu memperhatikan aspek penting dalam pendadaran. Menurut saya aspek terpenting dalam peendadaran adalah Sikap, Penguasaan Materi n Mental… Ketiga aspek tadi akan menentukan nilai kita nantinya…
Jika kita menguasai materi, tapi sikap kita ga baik, tentunya bisa mengurangi nilai kita… begitu juga sebaliknya, sikap sudah baik tetapi tidak menguasai materi tentunya nilai kita tidak akan maksimal….
Oleh karena ittu diperlukan persiapan untuk menghadirkan 3 aspek tadi dalam pendadaran… Sikap baik, penguasaan materi jozz dan mental sudah terlatih…. yang namanya pendadaran sama seperti tanya jawab saja, semua pertanyaan dapat dijawab dengan lancar..
Sooo… Mari kita ubah pandangan kita mengenai pendadaran, apabila ada orang bertanya pendadaran kita jawab aja dengan penuh semangat… “Pendadaran Siap”

3 Komentar

  1. dhieliem said,

    Agustus 3, 2010 pada 3:47 pm

    sing penting ojo ngguyu ngakak neng ngarepan wae pas pendadaran! ahaha…

  2. dhieliem said,

    Agustus 3, 2010 pada 3:49 pm

    eh se, blog-ku wes ganti: ardhihalim.wordpress.com! catet yah!😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: