Tips n’ Trik Menentukan Tema dan Judul Tugas Akhir Rekam Medis

Hmmm…. rasanya udah lama ni tidak meng-up date blog lagi… maaf teman-teman blogers sekalian, dari kemarin sinyal internetnya tidak bersahabat untuk berkoneksi dengan dunia internet. Alhamdulillah sekarang sinyal sudah agak bersahabat… hehehe

Salam hangat saya hanturkan pada segenap pengunjung yang bersedia mengunjungi blog saya ini… Kali ini saya mencoba untuk memberikan trik dan tips bagaimana sih cara mudahnya untuk menentukan tema dan judul untuk sebuah tugas akhir (dalam hal ini saya khususkan di bagian saya, yaitu rekam medis)

Sebagai mahasiswa semester akhir kita tentunya dibingungkan dengan apa yang namanya “Tugas Akhir”. Setiap mendengar pertanyaan : “Besok mau ambil tema atau judul tugas akhir apa??” kita selalu merasa panik dan bingung, dan tidak sedikit yang akhirnya stress, hehe….. Tapi semua itu memang sudah terbiasa dirasakan oleh mahasiswa semester akhir. Pengalaman dulu waktu saya akan membuat tugas akhir juga gemetaran, stress dan bingung apa yang akan saya ambil. Untungnya ada dosen yang senantiasa bersedia memberi pencerahan kepada saya dan juga teman-teman tentang bagaimana cara menghadapi dan menentukan tema dan judul tugas akhir yang semestinya kita ambil.

Tips dan Triknya adalah sebagai berikut:

Pertama :”Pilihlah tema tugas akhir yang paling kita sukai dan sesuai dengan kemampuan kita”. Hal ini akan mempermudah kita untuk memahami langkah-langkah apa saja yang akan kita angkat dalam tugas akhir kita.

Kedua :”Apabila kita kebingungan untuk memilih tema, bercerminlah pada 7 Kompetensi Rekam Medis”. Dalam 7 Kompetensi Rekam Medis sudah terbagi dalam 7 tema besar, dimana kita bisa melakukan pemilihan dan peringkasan lagi dari ke-7 kompetensi tersebut sehingga di dapat 1 tema pokok dan kemudian mempermudah untuk membuat judul.

Contohnya : waktu pengambilan tema tugas akhir, saya dulu bercermin pada 7 Kompetensi Rekam Medis. Dalam Hal ini saya mengambil kompetensi no.1 yaitu tentang klasifikasi dan kodifikasi penyakit dan tindakan. Dari kompetensi no.1 tersebut, saya melakukan pembatasan masalah dengan memilih kodefikasi penyakit. Kodefikasi penyakit itu sendiri masih terbagi lagi menjadi kodefikasi penyakit morbiditas dan mortalitas. Finnally, saya mengangkat tentang kodefikasi penyakit yang terkait dengan Mortalitas sebagai tema dalam tugas akhir saya.

Jadi, dalam menentukan tema sebaiknya anda melakukan turunan terlebih dahulu agar di dapatkan tema yang spesifik.

Ketiga :” Usahakan tema yang anda ambil itu unix, maksudnya berbeda dengan yang lain tetapi sangat penting untuk diangkat”

Keempat :” Sering-seringlah konsultasi kepada dosen pembimbing untuk meminta pencerahan”.

Semoga Tips dan Trik di atas bermanfaat….. Semangat n Semoga Sukses…… Amin

150 Komentar

  1. newbie said,

    September 6, 2010 pada 8:08 am

    infonya mantapp… salam kenal …

    di tunggu kunjungan baliknya ..

  2. prisai said,

    September 6, 2010 pada 1:02 pm

    makasih bung, hehehe… ok lam kenal juga dari q…^_^
    sipp,….

  3. kherlina said,

    Januari 18, 2011 pada 4:46 am

    saya mw menanyakatan terkait judul TA yang saya mau angkat,,tema nya ttg perlindungan hukum terhadap pasien sebagai jasa pelayanan kesehatan variabel y terkait dengan mutu pelayanan rumah sakit,,
    ini gimana bahasa bahsanya yang bagus ya…

  4. prisai said,

    Januari 21, 2011 pada 12:40 pm

    @ Kherlina : menurut saya, bahasa untuk judul TA anda adalah “Perlindungan pasien sebagai penerima jasa pelayanan kesehatan dilihat dari aspek hukum terkait dengan mutu pelayanan RS”. Untuk selanjutnya, lebih baik dikonsultasikan dengan dosen pembimbing anda…
    Good Luck

  5. fajar said,

    Januari 31, 2011 pada 6:48 am

    kira2 judul yg cocok untuk tema informed consent tuh seperti apa y?? thx b4

  6. prisai said,

    Januari 31, 2011 pada 1:48 pm

    Fajar: untuk judul KTI yang berkaitan dengan tema IC (Informed Consent), sebagai contoh saja kita bisa mengambil Judul mengenai :
    – Desain Lembar Formulir Informed Consent
    – Analsis Lembar Informed Consent (Bisanaya merujuj ke A. Kuantitatif)
    – Pemahaman Dokter mengenai Informed Consent,
    – dsb
    ^_^

  7. nie ajeng ayu said,

    Februari 25, 2011 pada 12:38 am

    slamat pagi…
    salam kenal…
    mau tanya kalau judul mengenai analisis tingkat keakuratan kode diagnose berdasarkan ICD 10 bagaimana ya?
    thanks be4

    • prisai said,

      Februari 25, 2011 pada 4:51 am

      Selamat pagi dan salam kenal juga … ^_^
      Menurut saya judul anda sudah bagus, mungkin cuma mau nambahin aja,,, hmm, kalo mau menganalisis keakuratan kode diagnosis berdasarkan ICD, kita membutuhkan sebuah pedoman sebagai dasar yang menyebutkan bahwa pemilihan kode diagnosis tersebut sudah akurat.
      Pemilihan kode diagnosis dinyatakan AKURAT, itu berdasarkan apa?? apakah hanya kode penyakit tersebut telah merujuk ke penyakitnya ataukah sampai penggunaan karakter ke-empat dalam ICD 10.
      Contoh : Dalam kasus ini mengetahui keakuratan dalam kode kecelakaan (kasus external causes)
      – Pejalan kaki yang terluka karena tabrakan dengan mobil di jalan raya
      Kode yang didapat di ICD -10 adalah V03, namun disini ada tambahan kategori ke-empat yang menunjukkan kecelakaan tsb adalah tergolong traffict accident, sehingga kodenya V03.1

      Nah, dari contoh tsb dapat dibatasi, keakuratan yang anda teliti hanya sebatas sampai V03 atau sampai karakter ke empat V03.1

      trimakasih

  8. tika said,

    Maret 22, 2011 pada 12:04 am

    annyeung haseyo ^^
    lagi browsing nyari masalah/tema buat TA nihh mas
    ehh ternyata blog nya mas prisai
    salam kenal, ak adek cls mu (angk 09)
    mksh infonya sgt bermanfaat🙂

    • prisai said,

      Maret 22, 2011 pada 12:21 am

      Salam kenal juga & Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ^_^
      Ow, angkatan ’09 udah mulai menyusun TA ya… Semangat !!

  9. fauziah said,

    September 22, 2011 pada 1:21 pm

    hai lam kenal .
    bantuin aq dong bikin judul buat laporan semester aq pengennya tentang pendaftaran tp masih bingung bikin judul n tema.a apa .
    makasih .

    • prisai said,

      September 24, 2011 pada 11:49 am

      @fauziah: itu sudah dapet tema besarnya, yaitu tentang sistem pendaftaran.. tinggal merincinya lagi….
      ya coba anda observasi terlebih dahulu sistem pendaftaran di sebuah saryankes, nanti kalau ada yang kurang pas dan masih perlu diperbaiki dari sistem pendaftarannya baru diangkat menjadi judul laporan…
      masalah yang biasa ada di pendaftaran tu seperti adanya pemberian no RM ganda, dsb

  10. irawati pradifta said,

    Oktober 16, 2011 pada 10:47 am

    soree,,mau tanya klo jdul utk TA bisa ga yg ada hubunganny dgn farmasi/obtan?
    kira-kira ap ya??
    makasiih

  11. dhey said,

    Februari 27, 2012 pada 4:39 pm

    salam kenal mas…
    sya mahasiswa D3 rekam medis & sedang dlm proses mengikuti progra doeble degree di kampus sya (sya kuliah D3 & D4). sya bingung cari judul yang cocok utk TA sya karena TA sya harus berhubungan dengan skripsi (D4) (bikin program dari TA yg sudah sya buat).
    minta sarannya dong mas, gimana baiknya
    makasih mas….

    • prisai said,

      Maret 3, 2012 pada 2:05 pm

      @dhey: salam kenal juga…
      menurut saya, lebih baik anda mengangkat judul TA yang skiranya materiN paling anda kuasai… sehingga nantinya apabila TA harus berhubungan dengan Skripsi, anda bisa dengan mudah untuk menghubungkannya…
      jelas disini peran konsultasi terhadap Pembimbing sangat diperlukan, untuk memberi masukan dan saran…
      semoka sukses untu program double degree nya…

  12. epay ay ay said,

    Maret 2, 2012 pada 1:27 pm

    mau nanya mas judul TA yg ada hubungannya dengan statistik atau hitungn apa aja yaa?

    • prisai said,

      Maret 3, 2012 pada 1:51 pm

      @epay: untuk judul TA Rekam Medis yang berhubungan dengan Statistik, anda bisa ambil mengenai perhitungan BOR. salah satu contohnya mengenai Tren BOR di RS X, selama 3 tahun terakhir

  13. arie said,

    Maret 3, 2012 pada 12:28 am

    Salam knal semua..
    mau nnya kalo judul tea mengenai sertifikat kematian gmna ??
    mohon sarannnya….

    • prisai said,

      Maret 3, 2012 pada 1:54 pm

      @arie: mengenai sertifikat kematian,, anda dapat mengangkat TA mengenai cara pengisian diagnosis di sertifikat kematian sesuai dengan ketentuan,, atau bisa juga mengangkat mengenai penentuan diagnosis dan kode penyebab kematian pada sertfikat kematian

  14. rabi said,

    Juni 12, 2012 pada 3:45 pm

    mau nanya… msalah kode diagnosis persalinan itu gmna ya….??

    • prisai said,

      Juni 17, 2012 pada 7:25 am

      @rabi= kalo penentuan kode persalinan biasanya lebih rumit dari penentuan diagnosis penyakit biasa,, pada kasus persalinan kita juga harus memberikan kode untuk cara persalinannya..
      seperti contoh : pasien kasus persalinan dengan postdate dan cara persalinannya SC Emergency, maka kode nya O48 (untuk postdate) dan O82.1 (untuk persalinan dengan SC emergency)

      • rabi said,

        Juni 26, 2012 pada 9:24 am

        kalau sepsis, dan HPP (perdarahan post partum) termasuk ga dalam diagnosa persalinan ??

      • prisai said,

        Juli 7, 2012 pada 3:45 pm

        kalau menurut saya, yg masuk ke diagnosis persalinan itu yg HPP ( Hemorhage post partum) nya mas…

  15. apri said,

    Juni 12, 2012 pada 3:55 pm

    kalau fungsi dr ketepatan kode diagnosis itu apa ya…untuk yg px umum ?? kalau utk px jamkesmas kan jelas brpengruh sm biaya, tp klau yang umum gmna ??

    • prisai said,

      Juni 17, 2012 pada 7:21 am

      @Apri: iya, kalo fungsi kode diagnosis untuk jamkesmas jelas mempengaruhi maslah harga…
      kalau untuk pasien umum, ketepatan koding penyakit fungsinya antara lain:
      – digunakan untuk data pelaporan, saat ni kan pelaporan juga menyertakan kode penyakitnya
      – digunakan juga untuk mempermudah menentukan 10 besar penyakit morbiditas
      – bisa juga digunakan sebagai bahan riset dan penelitian

  16. aidea07 said,

    Juli 23, 2012 pada 5:44 am

    mas mau nanya.. kalau judul yang cocok untuk ketepatan kode penyakit DM itu gmina ya?? masalah d rs tempat saya meneliti belum pernah di anilisis dan tidak menggunakan kode tindakan… makasih….

    • prisai said,

      Oktober 3, 2012 pada 3:27 pm

      @aidea07: ya kalau DM kadang adang yang menggunakan tindakan (debridement), biasanya kalo sudah terdapat ulcus.. ada juga yang masih cuma penyakit DM saja tanpa tindakan..
      mungkin judul nya difokusin aja ke diagnosis penyakitnya, jadi “Ketepatan pemberian kode diagnosis DM di RS xxx berdasarkan ICD X”

  17. dian kiswartati said,

    September 27, 2012 pada 2:02 am

    mas mau tanya,,kira” judul buat kti saya kalo mau ambil pengkodean apa ea???kalo cm keakuratan kan sudah sering diambil,minta saranya ea…makasih

    • prisai said,

      Oktober 3, 2012 pada 3:38 pm

      @Dian Kiswartati: untuk saran saja,, lebih baik judul KTI anda lebih diperluas sedikit. maksudnya dengan menghubungkan faktor-faktor yang lain. Contoh : keakuratan penentuan kode diagnosis penyakit dihubungkan dengan penentuan tarif INA-CBG, atau dengan informasi pelaporan penyakit.

  18. adit said,

    Oktober 1, 2012 pada 1:46 pm

    asslm. mw konsul nih blh ya??
    kang kalau judul TA tentang manjemen mutu rekam medis dalam menjaga standar mutu rekam medis
    Masuk ga kira” dan klo blh tau buku refrensi tentang mutu rekam medis selain buku MIK apa lagi?

    mohon pencerahan nya

    • prisai said,

      Oktober 3, 2012 pada 3:57 pm

      mungkin judul TA nya bisa lebih dirinci lagi, soalnya management mutu rekam medis kan ada beberapa point disana.

      kalo untuk buka referensi emang yg terbaru di MIK, sebagian besar sudah dibahas disana, mungkin anda bisa mencari jurnal2 terbaru dan googling. atau di buku terbaru keluaran dosen Rekam Medis Jogja, mungkin bisa dijadikan referensi..

  19. ndhie said,

    Oktober 8, 2012 pada 2:47 pm

    assalam mualikum
    kang mau nanya ne klw judul TA (pemusnahan brkas rekam medis) itu gmna ya saya ga parti ngerti ne,,, tolong donk saran nya

    • prisai said,

      Oktober 13, 2012 pada 4:04 pm

      @ndhie: wa’alaikumsalam wr wb
      kalo judl TA tentang pemusnahan berkas rekam medis,, kebanyakan meneliti tentang proses pemusnahan berkas RM nya. Mulai dari pemilahan berkas yang berdaya guna dan yg tidak, membuat daftar pertelaan dsb hingga ke pelaksanaan pemusnahan berkas RM (dicacah/dibakar)

      ya kalo mau ambil judul tentang pemusnahan sebaiknya RS yang akan anda teliti sedang/akan melaksanakan pemusnahan berkas RM agar data yang dibutuhkan dapat tersedia.

  20. isti said,

    Oktober 20, 2012 pada 5:47 am

    asalamualaikum,,,, mau tanya nih,,, kira – kira apa ya judul yang bagus buat pengajuan judul tentang etika seorang petugas RM???

    • prisai said,

      Oktober 24, 2012 pada 4:52 pm

      @isti: wa’alaikumsalam.. untuk pengajuan judul mengenai etika seorang petugas RM sangat banyak,, mngkin salah satu contohnya etika petugas Coding dalam menentukan kode penyakit untuk asuransi.

  21. nuurulqurani said,

    November 2, 2012 pada 4:10 am

    salam kenal,,mas mas saya mau tanya,,
    kebetulan saya mau ambil kuliah,,tapi saya bingung memilih antara dua jurusan..
    saya tertarik pada dua pilihan
    1. rekam medis dan informasi kesehatan
    2. manajemen pelayanan rumah sakit

    dari dua di atas bolehkah saya minta pendapat perbedaan dan kelebihan masing”…
    *saya sudah mengambil kuliah psikologi sebelumnya

    terimakasih sebelumnya atas informasi yg mas prisai berikan
    ^_^

    • prisai said,

      November 4, 2012 pada 2:28 pm

      @nuurulqurani:kedua jurusan tadi sama2 bagusnya.. mungkin perbedannya di pemusatan materinya.. Kalo RM dan infokes itu lebih mendetail kepada hal2 seputar rekam medis dan ruang lingkupnya… Sedangkan untuk manajemen pelayanan RS, yg dipelajari nanti berhubungan dengan bagaimana kita mengelola seluruh pelayanan di RS. ini cakupannya lebih luas dari RM dan Infokes
      menurut q sperti itu

  22. wanty said,

    November 23, 2012 pada 4:31 am

    bagi juga donk untuk referensi judul ls dan ta untuk jurusan manajemen pelayanan rumah sakit…
    klo yg berminat berbagi kirim aj ke onety14@yahoo.com…trmksh🙂

  23. Denny said,

    November 24, 2012 pada 11:50 am

    Salam kenal, mas saya mau tanya,,
    kira” judul buat kti saya kalo mau ambil tentang pemusnahan ?

    Di RS yg mau saya teliti itu mau melakukan pemusnahan yang pertama kalinya dan sekarang baru sampai pd tahap pemilahan,

    dan kata pihak RS nya kira” 1 tahun lgi baru sampe di tahap pemusnahan, sedangkan tgs kti saya sekitar 6 bulan lagi,

    kra” judul apa yg tepat buat kti saya mas, soalnya klo 6 bulan lgi mungkin masih di tahap pemilahan kata pihak RSnya,

    mohon sarannya …makasih,

    • prisai said,

      Desember 3, 2012 pada 4:04 pm

      @Denny: kalo dilihat dari kasus yang ingin saudara teliti,, lebih baik saudara menitik beratkan tentang bagaimana persiapan pelaksanaan proses pemusnahan berkas rekam Medis khusunya cara pemilahan berkas rekam medis yang masih berdaya guna dan tidak berdaya guna,, form apa saja yang masuk dalam berkas RM yang berdaya guna, dan mana yang tidak berdaya guna

  24. echy said,

    Februari 12, 2013 pada 2:31 pm

    assalamualaikum…
    pak saya mau nanya ne kira2 judul yg bagus untuk TA mengenai coding apa nya?
    mohon saran nya,,,,,,,,,,,,,,terimakasih

    • prisai said,

      April 5, 2013 pada 2:06 pm

      Wa’alaikumsalam
      maaf baru balas koment nya..
      banyak judul yang bisa diangkat seputar masalah koding,,
      salah satu contohnya seperti TA q dlu,, tentang Penentuan Kode penyakit penyebab kematian / UCoD

      saran yang lain mungkin seperti ini:
      – Ketepatan kodefikasi penyakit terhdap klaim asuransi
      – Pelaksanaan coding external cause

      semoga bermanfaat, sukses buat TA nya

  25. Nisha said,

    Februari 18, 2013 pada 4:16 am

    Assalamualaikum ..
    boleh minta sarannya ??
    mz saya bngung nentuin judul yg tepat utk TA saya nanti,, klau boleh mz bisa ngasih saya saran judul apa yg tepat utk D4 rekam medis cz sya msh 2th stengah kuliah tp harus nyiapin judul buat d ajuin smester 6, terima kasih

    • prisai said,

      April 5, 2013 pada 2:00 pm

      Nisha: maaf baru bisa bales koment nya..
      Nentuin judl TA yang bagus dan menarik itu emang rada2 sulit menurutku,, tetapi ada baiknya kalo kita menentukan judul TA itu berdasarkan materi yang kita sukai…
      seperti contoh, kita suka masalah Coding, ya ambil / cari permasalahan yang akan diangkat seputar pengkodean penyakit..
      kita suka program, ya kita cari / mengusulkan rancangan program buat menunjang pelayanan rekam medis,, dsb
      jadi, lebih baik Nisha sembari mencari tema sendiri, juga diperlukan konsul/bimbingan dengan dosen terdekat… buat dapet pencerahan.. (pengalaman q dulu pas waktu ambil TA, hehe)

      semoga bermanfaat, semangat buat menghadapi TA.. sukses

  26. Agung said,

    Juli 22, 2013 pada 12:20 am

    Salam kenal🙂 mas mau tanya kalo TA mengenai komputerisasi di klinik dokter judul yg tepat apa ya? Thx before

    • prisai said,

      Juli 28, 2013 pada 12:02 pm

      Salam kenal juga😉
      Kalo mengenai komputerisasi klinik, mungkin anda bisa mengusul;kan program baru yang bisa mempercepat pelayanan / pelaporan.. buat aja yang sederhana, yang bisa meningkatkan pelayanan di klinik

  27. wina said,

    Agustus 13, 2013 pada 4:00 pm

    salam kenal…
    mas aku mhsiswi rekam medis smester akhir yg lg bngung nyari dan nentuin judul buat TA, aku tertarik di coding , mau minta saran kira2 judul yg simpel tp bgus dan mudah ditemukan rferensinya? terimakasih sblumnya ..

    • prisai said,

      Oktober 10, 2013 pada 5:10 pm

      @Wina: salam kenal… banyak tema yang dapat diangkat mengenai coding penyakit, salah satunya : anda dapat mengevaluasi tingkat ketepatan petugas koder di RS tertentu,, referensinya nanti dari ICD vol 2

      kalo mau yang agak rumit, tentang ketepatan penentuan diagnosis dan kode dari penyebab kematian,, nanti referensinya buku ICD, Buku cause of death, dsb

      • wina said,

        Oktober 13, 2013 pada 7:37 am

        makasih atas sarannya🙂

        maaf sy mau nanya lagi, tolong berikan contoh referensi untuk judul mengevaluasi tingkat ketepatan petugas koder ?? saya mohon bantuanny mas..

        dan bagaimana mengenai external cause mas? soalnya sy bru dpt pelajarannya.. apa itu bagus? dan biasanya judul yg bgus apa utk itu?

        terimakasih….

      • prisai said,

        Oktober 18, 2013 pada 3:47 pm

        salah satu referensinya memakai ICD 10 vol 2, didalamnya terdapat tata cara aturan pemberian kode.
        Sebelum lebih jauh, sebaiknya memberi penjelasan dalam DO tentang ketepatan. yang dimaksud ketepatan itu apabila sesuai dengan ICD 10 sampai poin ke empat atau bagaimana.. harus dijelaskan terlebih dahulu

        mengenai external cause juga bagus,, biasanya koder lupa memberikan kode external terhadap sebuah kasus. mungkin anda bisa mengangkat tentang ” evaluasi penggunaan kode ekternal cause pada kasus kecelakaan “

  28. kimjoy said,

    Agustus 30, 2013 pada 12:44 am

    SALAM KENAL:)
    Maz mau tanyak untuk judul TA yg tepat buat penulisan berkas RM terutama untuk cover/map berkasX itu gimana cz waktu saya ke RS itu penulisan cover/mapX ada yg pakek spidol warna biru kan seharusnya pakek warna hitam trus penulisannya ada yang pakek huruf kecil kan harusnya pakek huruf kapital. thx

    • kimjoy said,

      Oktober 2, 2013 pada 4:37 am

      kok ndak di bls” ya maz pertanya’an. mohon di bls ya.thx……:)

    • prisai said,

      Oktober 10, 2013 pada 4:46 pm

      Salam kenal @Kimjoy… maaf baru buka blognya🙂
      mungkin sedikit saran, kalo mau ambil TA tentang penulisan berkas RM, lebih baik ditekankan dalam pembuatan protap penulisan cover RM,, nanti disana baru dijelaskan tentang penulisan nama dan gelar di cover status menggunakan huruf kapital/huruf besar dan penulisannya menggunakan tinta warna hitam

  29. nurul reni said,

    September 11, 2013 pada 1:28 pm

    hallo salam kenal kakak🙂
    aku mau nanya nih kl pengen ngangkat judul kti mengenai Aspek Hukum Rekam Medis & Etika Profesi kira2 apaa ya yg bsa di rekomendasikan masalah yg bsa di angkat?
    trs mau nanya juga tentang buku refensinya
    makasihh kakak ^^

    • prisai said,

      Oktober 10, 2013 pada 5:01 pm

      @Nurul reni: mengenai aspek hukum RM dan Etika profesi, tema yng dapat diambil sebagai contoh yaitu: proses pemberian informasi medis berkaitan dengan VeR

  30. Alif said,

    September 18, 2013 pada 2:27 am

    asss.wr..wb..
    bang klo judul yang tepat buat nh pa .,.,soal nya msih bingung:
    evaluasi kecepatan dan ketepatan penggunaan SIM RS di rumah sakit khususnya di bagian Rekam medik Tempat pendaptaran pasien

    • prisai said,

      Oktober 10, 2013 pada 5:05 pm

      Wa’alaikumsalam wr wb: mungkin sedikit masukan untuk judul TA tentang msalah tadi antara lain:
      – Efektifitas penggunaan SIM RS terhadap sistem antrian di RS xxx
      – Efektivitas penggunaan SIM RS terhadap kemungkinan duplikasi nomor pendaftaran

  31. prisai said,

    Oktober 10, 2013 pada 5:05 pm

    Wa’alaikumsalam wr wb: mungkin sedikit masukan untuk judul TA tentang msalah tadi antara lain:
    – Efektifitas penggunaan SIM RS terhadap sistem antrian di RS xxx
    – Efektivitas penggunaan SIM RS terhadap kemungkinan duplikasi nomor pendaftaran

  32. Oktober 25, 2013 pada 6:34 am

    bang aku bingung untuk menentukan judul TA rekam medis yang berkaitan dengan hukum rumah sakit. judulku ditolak semua…..beri cintoh yang spesifik dong bang..

  33. risa said,

    Oktober 25, 2013 pada 1:49 pm

    kalau mau ambil tentang keakuratan koding itu parameter dikatakan akurat ataukrg akurat itu pakai apa ya?? mksh sblmny

    • prisai said,

      Oktober 25, 2013 pada 6:14 pm

      untuk mengatahu parameter akurat / tidak akurat kita dapat membuat Definisi Operasional sndiri mengenai apa yang dikatakan akurat dan tidak akurat, dengan berpedoman kepada ICD -10 Vol 2

  34. susiariana said,

    Oktober 26, 2013 pada 11:13 am

    kalo qt mau ngambil mslah tpp, jdul yg tpat ap yaa?

    • prisai said,

      Oktober 28, 2013 pada 2:46 pm

      @susiariana: kita tentukan dulu area yang mau diteliti, TPP RJ atau TPP RI..
      mungkin dari TPP, masalah yang dapat diangkat untuk menjadi sebuah judul yaitu tentang Sistem antrian yang ada, apakah sudah baik atau belum… Kemudian masalah waktu tunggu pasien dari awal pendaftaran sampai selesai pemriksaan,, yang terakhir, tentang beban kerja petugas TPP

  35. mira said,

    Oktober 31, 2013 pada 8:16 am

    assalamualaikum..mas prisai sy mau mbuat makalah yg jdulnya seperti yg dcontohkn mas prisai yaitu kodefikasi penyakit terkait mortalitas…mohon petunjuk ruang lingkupnya yg akn dibahas..makasih

    • prisai said,

      Oktober 31, 2013 pada 7:13 pm

      @Mira: wa’alaikumsalam.. ruang lingkup yang diteliti itu berkas rekam medis dan sertifikat kematiannya

  36. wina said,

    November 22, 2013 pada 2:20 pm

    assalammualaikum..
    mas aku mau nanya lg.. krena aku msih bngung utk mnntukan jdul..
    berkaitan dgn SPM, apa yg bisa diangkat mnjdi jdul mas.. cntohnya?

    mohon kasih saran dan msukan mas? mkasih🙂

  37. Desember 4, 2013 pada 8:19 am

    assalamualaikum.
    aku punya judul yang udah diacc tentang TINJAUAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN SIM RS TERHADAP SISTEM ANTRIAN DIRUMAH SAKIT. aku masihh bingung mas, apalgi caeri referensinya, ada contoh proposalnya mas..
    makasii sebelumnya mas:)

    • prisai said,

      Desember 5, 2013 pada 11:33 pm

      @Mutiara: kalau tinjauan, berarti melihat langsung apa dampak dengan adanya SIM RS terhadap antian di pendaftaran tentunya. Mungkin referensinya bisa ambil dari buku IT tentung keuntungan penggunaan SIM. Contoh proposalnya kebetulan belum punya e

  38. Desember 10, 2013 pada 1:02 am

    Makasi ya gan atas ilmu nya….luar biasa pemahaman agan dlm tugas akhir,,,,
    tpi syangnya sayah masih bngung aja ni gan,,
    saya jurusan manajemen RS dan februari baru mu PKL
    saya masih bngung mu ngambil tema…n menempati bagian apa nanti pda saat PKL
    ada pencerahan kah dr agan??

    • prisai said,

      Desember 17, 2013 pada 12:31 pm

      @Lilis: biasanya kalo belum terjun langsung ke PKL, masih kesulitan dalam menentukan tema… ada baiknya sering2 membaca contoh2 KTI atau tugas akhir untuk mencari inspirasi tentang apa yang akan diangkat besok sebagai tugas akhir.. mungkin itu sarannya..

  39. fuad rahman said,

    Desember 21, 2013 pada 9:27 am

    gan saya mau nanya teori dan apa maksud dari judul ini ” VISUALISASI PENGELOLAAN PELAYANAN RAWAT INAP DENGAN GRAFIK BARBER JOHNSON DI RUMAH SAKIT X” mohon bantuannya ya gan makasihhh

    • prisai said,

      Desember 22, 2013 pada 4:00 pm

      @Fuad: maksud dari judul itu kalo ga salah kita mencoba untuk menggambarkan tentang kualitas pelayanan di sebuah rumah sakit. Disini kita sebagai peneliti ditugaskan untuk menghitung BOR, LOS, TOI, BTO,dsb yang nantinya dijadikan satu dalam sebuah grafik yang dinamakan Barber Johnson,, dan kita lihat apakah kualitas pelayanannya sudah sesuai dengan standar. Teori2 nya bisa ambil di buku statistik kesehatan, ttg grafik BJ

      • fuad rahman said,

        Desember 26, 2013 pada 12:15 pm

        melihat tingkat efesiensi nya ya gan
        makasih atas penjelasannya gan….

      • prisai said,

        Desember 28, 2013 pada 12:19 pm

        yoha gann..
        sama-sama

  40. Januari 11, 2014 pada 1:53 pm

    Mas, kn sy udah punya judul ttg PENYELENGGARAAN REKAM MEDIS DI PUSKESMAS nah itu kan jenis penelitiannya kualitatif soalnya jmlh petugas MR hanya 5 org. Klo mau dibawa ke jenis penelitian kuantitatif gimana jadinya mas? apa yg harus diteliti? Tolong pencerahannya mas.

    • prisai said,

      Januari 21, 2014 pada 2:18 pm

      untuk penelitian Kuantitatif nanti data yang diolah akan disajikan dalam brntuk angka2,, mungkin penelitian tentang penrhitungan beban kerja di puskesmas bisa diangkat mba..

  41. Januari 16, 2014 pada 1:41 pm

    oouhh gitu yah mas, makasi yah mass…
    sulit gak yah cari referensinya?

    • prisai said,

      Januari 21, 2014 pada 2:19 pm

      coba sering2 berkunjungan di perpustakaan kampus, bisa jadi referensi ttg IT tersedia disana

  42. Februari 6, 2014 pada 9:30 am

    maaf gan sya mu tanya…registrasi pasien tu cukup ga menggunakan komputer saja..tanpa di tulis di buku rgistrasi….
    trimss

    • prisai said,

      Februari 14, 2014 pada 12:23 pm

      kalo di aplikasi komputernya sudah dapat merekap registrasinya, penulisan buku registrasi dapat dihilangkan.. tapi kalo belum mencakup itu, penulisan registrasi masih perlu dijalankan

  43. maryatie ulya said,

    Februari 18, 2014 pada 4:44 am

    salam kenal mas ..
    mau minta saran ,, sya mhs smt akhir rekam medis .. rencana mw ngambil judul yang berkaitan dengan BPJS .. kira2 apa yang pas yah .. ?? sekalian sama judul KTI nya juga .. bingung .. hhe ..
    ditunggu bgd bls an nya .. makasiihh …

    • prisai said,

      Februari 22, 2014 pada 11:35 pm

      mengenai BPJS, anda bisa mengambil tema mengenai:
      – Peran Koder dalam proses klaim BPJS (anda menjelskan mengenai tahapan2 yang dilakukan koder)

      – Evaluasi tingkat ketidaklengkapan pengisian resume medis dokter ( hal ini berpengaruh terhadap proses kalim, karena apabila tidak lengkap resumenya, maka persyaratan akan kurang, dan mengganggu proses klaim BPJS)

  44. Eka Saarini said,

    Februari 19, 2014 pada 12:31 pm

    selamat malam kk..
    mau tanya kalo mau ambil tema tentang penyimpanan dan pengambilan kembali RM sebaiknya judulnya gmna y kk??
    mhon pencerahannya kk..

    • prisai said,

      Februari 22, 2014 pada 11:32 pm

      selamat malam,,
      tema tentang penyimpanan, anda dapat mengevaluasi mengenai sistem penyimpnanannya (sentralisasi / desentralisasi) beserta kendala-kendala yang dihadapi, kemudian kita memberikan saran dan solusi terhdap kendala-kendala tersebut..

  45. Eka Saarini said,

    Februari 25, 2014 pada 12:40 pm

    makasi kk..
    kalau judulnya evaluasi sistem penyimpanan dan retrieval rekam medis di RS X gmna kk?
    sy lagi bingung bgd buat judul kk😦

    • prisai said,

      Februari 25, 2014 pada 4:55 pm

      ya sama2..

      ya gpp, berarti nanti mengevaluasi pelaksanaannya, dibandingkan dengan peraturan yang ada,, sudah sesuai atau belum..

      dan jangan lupa dikonsultasikan pada dosen pembimbing

  46. Eka Saarini said,

    Februari 27, 2014 pada 1:31 am

    mkasi bnyk kk ..
    sipp kk🙂

  47. Nur Velani said,

    Maret 6, 2014 pada 3:53 am

    hey kk ..🙂 kak mw tanya , klo ambil statistik enaknya apa ya .. mohon bantuannya.. cs sebelumnya aku mw ambil rak penyimpanan cuma udah ada yg pake..

    • prisai said,

      Maret 8, 2014 pada 3:26 pm

      tentang GBJ juga boleh

      • Asep said,

        April 28, 2014 pada 6:43 am

        GBJ jugakan,,, luas…
        jadi apa dong yang mau di angkat

  48. andinyy said,

    Maret 12, 2014 pada 12:08 pm

    assalamualaikum
    mas q mw cari judul yang berkaitan dengan grafik baber johnshon,
    kira – kira judul apa ya mas yang pas

    • prisai said,

      Maret 12, 2014 pada 2:03 pm

      wa’alaikumsalam.. mungkin judul yang bisa diangkat tentang GBJ yaitu membahs mengenai efesiensi pengelolaan tempat tidur dilihat dari analisis GBJ di RS

  49. Maret 12, 2014 pada 1:18 pm

    Salam kenal ya..aku mau minta pencerahan judul ni..aku lagi mau nyusun TA tentang penyimpanan.skrg aku lagi PKL.yang aku liat permasalahannya itu kurangnya SDM di bagian penyimpanan yang membuat petugas menjadi sibuk.kira2 judul yang tepat ªÞª ya?terimakasih sebelumnya..

    • prisai said,

      Maret 12, 2014 pada 2:06 pm

      jika dilihat dari SDM, dengan SDM yang ada, penyimpanan di RS tsb sudah benar atau belum.. kalau semisal dengan SDM yang ada, petugas sibuk dan penyimpanan terselenggara dengan baik, berarti bukan di SDM nya yg menjadi masalah..
      masalah di penyimpanan biasanya adanya berkas yang misfile

  50. Eka Saarini said,

    Maret 12, 2014 pada 1:48 pm

    kak mau tanya lagi😦 jdul yg itu gg dterima kk.. yg diterima tentang “etika profesi pelepasan informasi RM terhadap klaim asuransi”..
    itu yg diteliti kode etiknya kk? mhon dbles y kk.

    • prisai said,

      Maret 12, 2014 pada 2:09 pm

      yg diteliti nanti mengenai bagaimana petugas pelayananan kesehatan memberikan informasi pasien tsb untuk asuransi,, nanti dijelaskan proses2nya…
      kode etiknya juga perlu dijelaskan, contohnya untuk memberikan informasi, harus menggunakan persetujuan dari pasien atau yang diwakilkan, dengan menandatangani IC

  51. Eka Saarini said,

    Maret 14, 2014 pada 2:16 am

    makasi kk .. nanti kalo kurang jlas sya nanya lagi🙂

  52. ita said,

    Maret 16, 2014 pada 1:27 pm

    kak epay salam kenal ya,,ini ita
    kak mau tanya saya punya judul
    “Tinjauan Keefektifan rekam medis manual terhadap keakuratan data dan kualiatas pelayanan”refresinnya gimana kak

    • prisai said,

      Maret 18, 2014 pada 12:12 pm

      rekam medis manual disini maksudnya gimana ya?? soalnya keakuratan data itu lebih dekat dengan orangnya yang mengisi rekam medis..

      • sempurna said,

        Maret 22, 2014 pada 2:35 pm

        ya di RS tersebut masih manual kak,,
        input data belum menggunakan elektronik
        aku bingung kak,,data seperti apa yang harus aq ambil sampelnya

      • prisai said,

        Maret 29, 2014 pada 1:24 pm

        hmm, apa ga coba untuk menganalisa proses pengolahan data manual menjadi informasi yang dibutuhkan RS.. berhubung datanya masih manual, jadi nanti melihat gmna cara petugas RM dsna mengolah datanya menjadi informasi yang valid

  53. aat said,

    Maret 18, 2014 pada 10:03 am

    sore nih… bleh minta pencerahannya g? bagaimana tentang judul saya apa nyambung g ma msalahnya? judulnya “tinjauan faktor2 yang mempengaruhi kualitas pelayanan dibunit rekam medis rawat jalan rs xxx.”
    masalah yg saya temukan selama pkl saya melihat smenjak adanya bpjs alur pendaftaran rj jd lebih ribet dan lama, ruang penyimpanan yg sentralisasi tapi ada di 2 ruang terpisah lantai 1 dan 2, serta tidak adanya petugas distribusi khusus sehingga dorangkap oleh petugas penyimpanan.

    sehingga waktu tunggu pasien lebih lama… apakah judul saya nyambung?

    mohon dibalas

    • prisai said,

      Maret 18, 2014 pada 12:09 pm

      saran aja, kalo judulN mengenai faktor yg mempengaruhi kualitas pelayanan unit rawat jalan, kita perlu mendefinisikan dulu, sebatas mana pelayanan yang akan diteliti.. apa cukup hanya saat pasien mendaftar saja, atau sampai pelayanan selesai..

  54. aat said,

    Maret 19, 2014 pada 12:39 pm

    klo maksud saya sih sampe pelayanan nya selesai… terlalu luas kah?

    • prisai said,

      Maret 21, 2014 pada 11:00 am

      mungkin terlalu luas,, tpi lebih komplit jadinya,, referensiN juga banyak

  55. Amunra said,

    Maret 25, 2014 pada 12:46 pm

    Hai mas🙂 salam kenal ,aku mau TA kira kira judul yang tepat buat SDM RS yang tidak semua lulusan RM tapi di pekerjakan itu gimana yaa ?

    • prisai said,

      Maret 26, 2014 pada 10:46 pm

      salam kenal,, tema TA mengenai SDM RS yg bs diangkat antara lain:
      – mengenai perhitungan beban kerja SDM

      kalau yang SDM dipekerjakan tidak sesuai dengan kompetensinya, coba diobservasi dulu di RS sekilas tentang kinerjanya,, apabila ada masalah.. nanti bisa dievaluasi dan diangkat TA

  56. elva said,

    Maret 27, 2014 pada 1:41 am

    Assalamualaikum mas, wah bnyk yg konsul ttg judul TA ya. Saya juga mw nanya ya.
    Saya mahasiswa RM pak, sedang menjalano observasi di RS, tp karna memang hrs kerja, js g bisa ikut PKL, otomatis ketika observasi saya memang hrs nentuin judulnya dulu. Untuk tugas Laporan Semester saya tertarik mengambil jdul “Tinjauan Prosedur Kodifikiasi Di RS X” apalah sudah benar?jd d sna saya hanya akan membahas ttg prosedurnya saja, tp nnt di dalam isinya akan menjelaskan ttg kesulitan koder saat melakukan koding akibat tulisan dokter yg tdk jelas. Bagaimana pak?
    Dan saya juga minta masukkannya pak, untuk judul tugas akhir saya kira2 lbh baik mengangkat tema apa y?yg masih berhubungan dg judul LS saya tentunya.terima kasih.

    • prisai said,

      Maret 29, 2014 pada 1:26 pm

      Wa’alaikumsalam.. kalau LS nya udah mengenai tinjauan tentang prosedur pelaksanaan kodefikasi, ada baiknya untuk TA nya yg masih berhubungan dengan kodefikasi, salah satunya mengangkat mengenai “Evaluasi Ketepatan Pemberian Kode Penyakit”

  57. Laila Diana said,

    Maret 27, 2014 pada 1:37 pm

    Met malem mas, nama saya diana, salam kenal…
    Saya mau ambil judul TA sistem informasi pendaftaran pasien rawat jalan berbasis web. Kira-kira bisa diterapkan dengan efektif nggak?
    Atas jwbnnya saya ucapkan terima kasih…

    • prisai said,

      Maret 29, 2014 pada 1:20 pm

      Met malem..
      Kalau dari judul TA tadi, berarti nanti anda membuat semacam program sederhana untuk pendaftaran dan dievaluasi gtu atau anda mau mengevaluasi program pendaftaran yang sudah ada dsana?

      • Laila Diana said,

        April 11, 2014 pada 10:08 am

        Mbb.
        Saya rencananya maw bwt programnya mas. Do’akan semoga lancar ya mas…….🙂

  58. Asep said,

    April 28, 2014 pada 6:42 am

    tolong bantu dongg!! judul TA yang bagus untuk di angkat apa yahhh???

    • prisai said,

      Mei 6, 2014 pada 11:21 am

      judul TA yang bagus itu yang isinya bermanfaat untuk memperluas pengatahuan di rekam medis… kalo untuk era saat ini, yang lagi hangat2nya mengenai era BPJS. salah satu pekerjaan yang paling disorot adalah mengenai pengkodingan penyakit..
      dari situ, bisa saja anda mengobservasi terhadap prosesi ketepatan pemberian kode di suatu RS.. nanti kalo ada yang perlu dibahas, anda angkat menjadi TA

  59. Asep said,

    April 28, 2014 pada 6:45 am

    ada ngga situs khusus untuk Rekam medis???
    biar dapat informasi dari situ juga,, baik pekerjaan maupun tentang mata kuliahnya..

  60. tria said,

    Mei 14, 2014 pada 2:05 pm

    tolong dibantu dong, judul yang diangkat untuk tema kemitraan profesi yang kaya’ gimana? mohon bantuannya

    • prisai said,

      Oktober 7, 2014 pada 2:33 pm

      kemitraan profesi itu sendiri nantinya berhubungan dengan lintas profesi, seperti rekam medis dengan dokter. Sebagai contoh kecil tentang kemitraan profesi mengenai peran petugas rekam medis dalam rangka meningkatkan kelengkapan penulisan dokumen rekam medis oleh dokter.

  61. ikhwan said,

    Mei 15, 2014 pada 12:44 pm

    ass,saya punya tema “manajemen rekam medis informasi kesehatan” tp saya belum tau judul apa yg cocok untuk tema saya…mohon bantuanx

    • prisai said,

      Oktober 7, 2014 pada 2:38 pm

      waalaikumsalam
      manajemen rekam medis informasi kesehatan atau sering dikenal dengan RMIK tentunya masih sangat luas.. kalo mau mengambil judul sebaiknya lebih difokuskan mengenai bagian2 lagi, sperti contoh di manajemen RMIK nanti ada yang namanya pelaporan, yaitu mengumpulkan berbagai sumber data yang nantinya untuk menjadi sebuah laporan. Dari sistem pelaporan tsb nanti kita observasi, apakah sudah sesuai atau belum

  62. ning said,

    Mei 15, 2014 pada 2:52 pm

    salam kenal mas … sebentar lagi saya mau menyusun kti dan saya masih bingung menentukan judul kti tentang kemitraan profesi itu kayak bagaimana ? mohon bantuannya ya mas🙂

  63. Mei 16, 2014 pada 7:05 am

    mas kalau judul KTI yang cocok untuk manajemen rekam medis dan informasi kesehatan

  64. Kharima said,

    Agustus 30, 2014 pada 4:51 am

    Salam kenal kak………………Boleh nanya ya kak…… Aku lagi bingung nih mau ngangkat judul apaan, rencana nya aku mau menganalisis lembar sebab kematian kak. Bagusnya ngangkat judul mengenai apa y kak dari lembar sebab kematian itu…. Sekalian info buku buat referansi nya juga y kak…… Mohon bantuannya ;>

    • prisai said,

      Oktober 7, 2014 pada 2:21 pm

      Salam kenal juga,, maaf baru bisa balas
      ya kalau mngenai analisis lembar kematian, bisa saja menganalisis mengenai bagaimana penentuan penyebab kematian dilihat dari lembar kematian tersebut… apakah penulisan UCoD nya sudah sesuai dengan aturan yang ada di Depkes atau ICD Vol 2 atau belum

  65. alichaa said,

    September 8, 2014 pada 4:47 pm

    kak jadi kalau tema itu harus ada maslhnya? kalau misal udah pas sama teori teori boleh diangkat tema gak ya?

    • prisai said,

      Oktober 7, 2014 pada 2:24 pm

      ya kalau tema itu kan global.. dari tema yang udah kita tentukan, kita melihat proses yang ada di dalamnya,, apabila ada keragu2an atau ketidak sesuaian dengan teori,, barulah kita angkat untuk dijadikan penelitian

  66. chen said,

    September 18, 2014 pada 2:36 pm

    ass.boleh minta bantuannya ,, kalau tema buat manajemen pelayanan kesehatan apa ea?

    • prisai said,

      Oktober 7, 2014 pada 2:28 pm

      waalaikumsalam,, manajemen pelayanan kesehatan di RS bisa meliputi IGD, rawat jalan dan rawat inap. Ini tema yang masih luas,, kalaupun mau diambil penelitian sebaiknya kita observasi dlu, dan nanti tentukan fokusnya,, apakah mau ke IGD, rawat jalan atau inap nya

      • adinda said,

        Oktober 10, 2014 pada 1:58 pm

        assalamualaikum mas .
        mas mau minta saran dong . di RS itu ruang penyimpanannya harusnya kan deket sama UKRM , tp ini filingnya agak jauhan sm UKRM . Masalahnya bisa ke keamanan atau ke kerahasiaan RM mas ?
        Penentuan judul masih bingung .

      • prisai said,

        Oktober 12, 2014 pada 12:49 pm

        waa’alikumsalam
        ya kalau secara ergonomisnya sebaiknya ruang penyimpanan itu dekat dengan ruang rekam medis dan pendaftaran,, tapi kalo berjauhan selain nanti pelayanan berkasnya agak lama, juga keamanannya perlu dijaga

  67. Kharima said,

    September 20, 2014 pada 1:34 pm

    PING!!!!
    Tolong di balas dong bang PRISAI comment ku…..

  68. Kharima said,

    Oktober 22, 2014 pada 1:24 pm

    Assalamualaikum bg…. Makasih atas balasan sebelumnya, saya mau nanya lagi nih………… Judul yang bagus yang ada kaitannya dgn BPJS apa ya bg? selain peran koder dalam menentukan ketepatan kode diagnosa penyakit n kode tindakan ?? Judulnya mengarah ke analisis bg….

    • prisai said,

      Desember 31, 2014 pada 4:21 pm

      Waalaikumsalam.. mungkin bisa mengenai kelengkapan dalam pengisian lembar resume medis.. kenapa ke lembar resume medis,, karena kalo lembar itu tidak terisi lengkap biasanya dari petugas BPJS tidak mau meloloskan berkas klaim,, jadi lembar resume seharusnya terisi lengkap

  69. Waode said,

    November 14, 2014 pada 2:38 pm

    assalamualaikum.. mas mw tanya kalo TA mengenai penyimpanan rm, judul yg tepat apa ya?

    • prisai said,

      Desember 31, 2014 pada 4:17 pm

      waalaikumsalam wr wb
      judul TA di bagian penyimpanan sebagai contoh 1. mengenai desain dan pemanfaatan tracer (bila RS tsb blum ada tracer),, 2. desain rak penyimpanan,, 3. Pemanfaatan tracer dalam mengurangi miss file

  70. julia said,

    November 19, 2014 pada 12:30 am

    Ass aku julia mas,aku sdh smstr5 aku mau mgjkan jdul ttg analisis keakuratan diagnosis exterrnal kasus mnrut mas menrik tidak,trus mnjdi ltar blkng yng bgus apa ya.trus tujuan khusus yg baik apa ya

    • prisai said,

      Desember 31, 2014 pada 4:14 pm

      waalaikumsalam
      menurut saya bagus itu judul mengenai external causes,, soalnya masih banyak yang belum mencantumkan kode external dalam pengkodean kasus tertentu..
      latar belakang buat meneliti ya jelas karena kode ekternal itu juga diperlukan dalam pembuatan laporan.. jadi apabila ga di kode nanti laporannya juga ga jalan..

  71. ayu said,

    November 19, 2014 pada 12:55 pm

    selamat mlam kk,
    mau tnya nhe klo tema nya tentang pengkodean gman thu bagusnya kk untuk judulnya

    • prisai said,

      Desember 31, 2014 pada 4:11 pm

      kalo mengenai judul itu nanti dilihat dlu apa yang akan diangkat.. kalo pengkodean kan bisa mengenai bagaimana proses pengkoeannya,, bisa mengenai evaluasi hasil pengkodeannya juga bisa mewawancarai sejauh mana pemahaman petugas coding..

      yang lebih sering diangkat ya mengenai keakuratan dalam penentuan kode diagnosis penyakit

  72. November 28, 2014 pada 8:09 am

    salam knal,, kak mau nyak klo judul yang bagus yang berkaitan dengan bpjs apa ya ka???

    • prisai said,

      Desember 31, 2014 pada 4:09 pm

      Mengenai bpjs yang dhubungkan dengan RM bisa mengambil mengenai evaluasi keakuratan pemberian kode penyakit dan tindakan..

  73. yana said,

    Januari 13, 2015 pada 4:05 pm

    selamat malam mas prisai… mas saya mahasiswa D3rekam medis semester akhir mau mengerjakan KTI skrng tapi saya bingung dengan judul saya.. saya ingin ambil judul tentang pemanfaatan SIM RS ,, tetapi saya bingung make referensi apa aja.. minta bantuannya mas,, terus judul yang saya pakai sebaiknya seperti apa

    • prisai said,

      Januari 17, 2015 pada 2:29 pm

      pemanfaatan SIM RS, njenengan bisa ambil mengenai desain sistem RM di RS,, sperti contoh membuat program membuat laporan atau pendaftaran

  74. tri said,

    Januari 18, 2015 pada 1:02 am

    assalamualaikum mas, sya mau tanya kalo judul saya ttg evaluasi kelengkapan resume trhdp implikasi klaim bpjs, kira-kira gimana ia ? trs klo sya hubkn terhadap kecepatan proses klaimnya gmn mas ? mksh🙂

    • prisai said,

      Januari 18, 2015 pada 12:13 pm

      wa’alaikumsalam wr wb
      kalo judulnya sperti itu berarti nanti njenengan lebih meneliti prosentase kelengkapan dari resume pasien BPJS, apakah masih ditemukan klaim BPJS yang terhambat karena resume yang belum lengkap.
      Memang dalam era BPJS ini verifikator akan melihat lebih detail mengenai resume medis pasien, yang nantinya untuk mengetahui anamnesa dari pasien dirawat tsb.
      Proses kecepatan kalim tentunya bukan hanya karena disebabkan karena resume yang belum lengkap, bisa saja resume sudah lengkap, tapi belum dikoding atau koding salah, dsb

      • tri said,

        Januari 18, 2015 pada 12:35 pm

        ok , mksh saranya mas🙂

  75. Dadan said,

    Januari 25, 2015 pada 11:06 pm

    Aslmkm..
    ijin bertanya mas.
    saya ingin mengangkat judul yg menunjang akreditasi di salah satu RS, akantetapi saya bingung poin apa yang harus di angkat serta tema yang akan di ambil, kasusnya di RS tersebut telah lulus akreditasi KARS (tetapi belum dijalankan), Belum lulus Akreditasi JCI.
    Mohon pencerahannya.

    atas perhatiannya sya ucapkan Jajakumullah khairan katsiro..:)

    • prisai said,

      Februari 2, 2015 pada 11:58 am

      waalaikumsalam.. kalo dilihat dari kasus di RS tsb,, di RS tsb sebenarnya udah lulus akreditasi KARS, nah yang belum dijalankan itu pada poin yang mana? soalnya dalam akreditasi kan bnyak Pokja disana, dan untuk lulus juga ada kewajiban beberapa pokja untuk lulus..
      untuk mengangkat judul ttg akeditasi ada baiknya untuk lebih mengerucut ke pokja-pokjanya saja,, nanti mengobservasi dlu pelaksanaan akre dsna

  76. tri said,

    Januari 26, 2015 pada 4:29 am

    assalamualaikum , maaf mas mau tanya lagi , item yang dilihat pada lembar resume pada saat proses klaim bpjs itu apa saja sih?

    • prisai said,

      Februari 2, 2015 pada 11:52 am

      waalaikumsalam.. item yang dilihat kurang lebih mengenai anamnesa pasien masuk di IGD nanti dicocokkan dengan dx yang ditegakka di lembar resume, apakah ada hubungannya.. kemudian bisa juga verifikator melihat penunjang dan pendukung atas ditegakkannya dx utama tesebut.. yang jelas dan utama ya persyaratan pengurusab BPJS, sperti fc kartu bpjs, ktp, kk dsb..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: