Sistem Penyimpanan Rekam Medis

Huahhh, sudah lama saya tidak menulis sebuah artikel atau catatan kecil di Blog saya…. Tidak ada salahnya kan bila hanya menulis sedikit catatan,,, yang penting itu adalah sebuah pengetahuan untuk kita bersama…

Kali ini saya ingin menuliskan sedikit pengetahuan mengenai Sistem Penyimpanan Rekam Medis. Mungkin ada yang bingung, sistem penyimpanan rekam medis tu yang desentralisasi/sentralisasi atau SNF/TDF/MDF??? ya namanya belajar, pasti pertama pernah merasa bingung…

Ok deh,,, setahu pengetahuan saya.. baik desentralisasi/sentralisasi atau SNF/TDF/MDF itu merupakan sistem penyimpanan semua. Namun, untuk Sentralisasi/Desentralisasi itu adalah sistem penyimpanan secara global dalam penyelenggaraan rekam medis. Sedangkan untuk yang SNF/TDF/MDF itu merupakan sistem penyimpanan menurut nomor..

Nah untuk kali ini saya mencoba menjelaskan tentang sistem penyimpanan dalam penyelenggaraan rekam medis.

Sistem Penyimpanan dalan penyelenggaraan Rekam Medis dibagi menjadi 2 macam, yaitu Sistem Desentralisasi dan Sistem Sentralisasi. Penjelasan mengenai dua sistem tadi dapat dilihat sebagai berikut:

SISTEM PENYIMPANAN DESENTRALISASI

Sistem penyimpanan secara desentralisasi, Unit Rawat Inap dan Unit Rawat Jalan masing-masing  menyimpan sendiri berkas rekam medis pasien. Berkas Rekam Medis keduanya disimpan di tempat yang terpisah, Berkas Rekam Medis pasien Ranap disimpan di Unit Rawat Inap, sedangkan untuk Berkas Rekam Medis pasien Rajal disimpan di Unit Rawat Jalan. Kedua pelayanan di unit tadi tidak memiliki hubungan dan pasien bisa memiliki 2 berkas rekam medis.

SISTEM PENYIMPANAN SENTRALISASI

Sistem penyimpanan secara sentralisasi, berkas rekam medis pasien rawat inap dan rawat jalan disimpan dalam 1 folder Berkas Rekam Medis  dan pada tempat yang sama di Unit Rekam Medis. Pada sistem penyimpanan ini, pasien hanya memiliki 1 (satu) berkas rekam medis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: